1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?
Sebagai guru penggerak sebelum menjalankan perannya harus mengetahui beberapa hal di antaranya yaitu tentang nilai diri pribadi dan peran yang harus dilakukan sebagai guru penggerak. Nilai dan peran guru penggerak sejatinya melekat dalam diri pribadi. Terutama pribadi guru yang merdeka untuk bisa mewujudkan profil pelajar Pancasila. Nilai guru penggerak akan menjelma kekuatan untuk melakukan perubahan. Nilai diri adalah kunci melakukan perubahan diri dan sekitar. Sedangkan peran guru penggerak merupakan gerbang masuk sebuah perubahan. Nilai dan peran tersebut haruslah seimbang dalam diri guru penggerak. Keseimbangan yang akan menjaga langkah tetap pada jalurnya. adapun nilai diri yang harus dimiliki guru penggerak adalah:
Mandiri: dimana seorang guru harus mampu berdiri sendiri dalam melakukan berbagai kegiatan. Dengan mandiri maka seorang guru akan mampu bertanggungjawab terhadap hal-hal atau keputusan yang telah diambil.
Reflektif: Seorang guru akan terbuka dengan segala bentuk perubahan, dimana dia harus mampu menerima hal-hal yang baru. Melalui reflektif ini juga seorang guru akan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada di sekitar
Kolaboratif: dimana seorang guru akan mampu bekerja sama dengan teman-teman sejawatnya
guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan berkolaboratif ini
juga seorang guru akan mampu mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dalam
proses belajar mengajar
Inovatif: Sebuah cara untuk mendapatkan solusi-solusi atau hal-hal baru dan ide-ide
kreatif dalam rangka menyelesaikan tugas pembelajarannya
Pembelajaran
yang terpusat pada murid: Dalam hal ini seorang guru akan memberikan kesempatan
kepada siswa dengan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya
Dengan berbekal nilai diri tersebut diharapkan guru penggerak dapat melaksanakan perannya dengan optimal. Peran guru penggerak ada lima yakni: menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Guru penggerak berfokus pada peran kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.
2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!
Ada
banyak keterkaitan antara pemikiran KHD dengan nilai dan peran guru penggerak
di antaranya adalah prinsip guru dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang
“menghamba pada anak”. Pendidikan yang menghamba pada anak juga dikenal dalam
pembelajaran dengan istilah pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL).
Siswa belajar dari apa yang dilakukan bukan dari apa yang disampaikan guru.
Pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik atau anak merupakan
sistem pembelajaran yang menunjukkan dominasi peserta didik selama kegiatan
pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing dan pemimpin.
Pembelajaran berpusat pada anak dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanakan
kegiatan pembelajaran berpusat kepada anak, untuk itu sangat relefan dengan nilai
dan peran guru penggerak yaitu berpihak pada murid dan peran guru penggerak bagaimana bisa mewujudkan
kepemimpinan murid.
3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?
Saya harus bisa menghargai diri sendiri dan juga bisa
menghargai orang lain, berlatih mengendalikan diri, memperhitungkan dengan
matang sebelum mengambil tindakan, komitmen dan terus belajar. Membangun komunikasi
dan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan, memberikan pemahaman dan
membangun komitmen bersama dengan pihak sekolah dan luar sekolah dalam upaya
meningkatkan kompetansi individu, pedagogik, dan profesionalisme sehingga dapat
mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid. Karena tanpa respon positif
serta kerjasama dari semua pihak
terkait, program guru penggerak
yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Reset dan Teknologi untuk
mewujudkan Profil Pelajar Pancasila mustahil bisa terwujud dengan baik.
4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?
Saya bersyukur berada di lingkungan yang baik, ekosistem pendidikan yang selalu mendukung perubahan dan praktik baik yang saya lakukan kepada siswa dan sekolah. Perubahan yang dapat memberikan warna indah yang menghiasi peserta didik dan ekosistem didalammya. Kepala Sekolah yang selalu memberikan motivasi dan dukungan untuk setiap hal yang saya lakukan untuk menyelesaikan CGP dan mewujudkan dalam aksi nyata yang saya lakukan di sekolah. Fasilitator dan pendamping yang selalu memberikan motivasi, masukan, saran, dan mengingatkan dalam penyelesaian pembelajaran dari CGP sapai pada aksi nyata atau praktik baik yang saya lakukan. Rekan sejawat dan selalu berkontribusi sebagai penyemangat, untuk menuangkan ide dan praktik baik disekolah. Peserta didik yang selalu siap diberikan perubahan baik dan sebagai tujuan dan sasaran utama dalam menjalankan nilai dan peran guru penggerak serta komunitas CGP dan Komunitas MGMP yang selalu mensuport saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar