Selamat Datang Kawan !!!!!! Inspirasi Tanpa Batas : 1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Kamis, 18 November 2021

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Pada modul 1.2.a.9 ini saya sebagai CGP, ditantang untuk menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini dan materi lain yang relevan di luar modul ini demi menjadi seorang Guru yang memahami serta menjalankan  nilai dan peran Guru Penggerak. Untuk menjawab tugas ini ada beberapa pertanyaan yang bisa membantu untuk mengerjakan tugas kesimpulan ini adalah:

1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

Sebagai guru penggerak sebelum menjalankan perannya harus mengetahui beberapa hal di antaranya yaitu tentang nilai diri pribadi dan peran yang harus dilakukan sebagai guru penggerak. Nilai dan peran guru penggerak sejatinya melekat dalam diri pribadi. Terutama pribadi guru yang merdeka untuk bisa mewujudkan profil pelajar Pancasila. Nilai guru penggerak akan menjelma kekuatan untuk melakukan perubahan. Nilai diri adalah kunci melakukan perubahan diri dan sekitar. Sedangkan peran guru penggerak merupakan gerbang masuk sebuah perubahan. Nilai dan peran tersebut haruslah seimbang dalam diri guru penggerak. Keseimbangan yang akan menjaga langkah tetap pada jalurnya. adapun nilai diri yang harus dimiliki guru penggerak adalah:


Mandiri: dimana seorang guru harus mampu berdiri sendiri dalam melakukan berbagai kegiatan. Dengan mandiri maka seorang guru akan mampu bertanggungjawab terhadap hal-hal atau keputusan yang telah diambil.

Reflektif: Seorang guru akan terbuka dengan segala bentuk perubahan, dimana dia harus mampu menerima hal-hal yang baru. Melalui reflektif ini juga seorang guru akan mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada di sekitar

Kolaboratif: dimana seorang guru akan mampu bekerja sama dengan teman-teman sejawatnya guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dengan berkolaboratif ini juga seorang guru akan mampu mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dalam proses belajar mengajar

Inovatif: Sebuah cara untuk mendapatkan solusi-solusi atau hal-hal baru dan ide-ide kreatif dalam rangka menyelesaikan tugas pembelajarannya

Pembelajaran yang terpusat pada murid: Dalam hal ini seorang guru akan memberikan kesempatan kepada siswa dengan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreatifitasnya

Dengan berbekal nilai diri tersebut diharapkan guru penggerak dapat melaksanakan perannya dengan optimal. Peran guru penggerak ada lima yakni: menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, mendorong kolaborasi antar guru, menjadi coach bagi guru lain, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Guru penggerak berfokus pada peran kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.



2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

Ada banyak keterkaitan antara pemikiran KHD dengan nilai dan peran guru penggerak di antaranya adalah prinsip guru dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang “menghamba pada anak”. Pendidikan yang menghamba pada anak juga dikenal dalam pembelajaran dengan istilah pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL). Siswa belajar dari apa yang dilakukan bukan dari apa yang disampaikan guru. Pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik atau anak merupakan sistem pembelajaran yang menunjukkan dominasi peserta didik selama kegiatan pembelajaran dan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing dan pemimpin. Pembelajaran berpusat pada anak dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanakan kegiatan pembelajaran berpusat kepada anak, untuk itu  sangat relefan dengan nilai dan peran guru penggerak yaitu berpihak pada murid dan peran guru penggerak bagaimana bisa mewujudkan kepemimpinan murid.

3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?

Saya harus bisa menghargai diri sendiri dan juga bisa menghargai orang lain, berlatih mengendalikan diri, memperhitungkan dengan matang sebelum mengambil tindakan, komitmen dan terus belajar. Membangun komunikasi dan kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan, memberikan pemahaman dan membangun komitmen bersama dengan pihak sekolah dan luar sekolah dalam upaya meningkatkan kompetansi individu, pedagogik, dan profesionalisme sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid. Karena tanpa respon positif serta kerjasama dari semua pihak  terkait,  program guru penggerak yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Reset dan Teknologi untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila mustahil bisa terwujud dengan baik.

4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

Saya bersyukur berada di lingkungan yang baik, ekosistem pendidikan yang selalu mendukung perubahan dan praktik baik yang saya lakukan kepada siswa dan sekolah. Perubahan yang dapat memberikan warna indah yang menghiasi peserta didik dan ekosistem didalammya. Kepala Sekolah yang selalu memberikan motivasi dan dukungan untuk setiap hal yang saya lakukan untuk menyelesaikan CGP dan mewujudkan dalam aksi nyata yang saya lakukan di sekolah.  Fasilitator dan pendamping yang selalu memberikan motivasi, masukan, saran, dan mengingatkan dalam penyelesaian pembelajaran dari CGP sapai pada aksi nyata atau praktik baik yang saya lakukan. Rekan sejawat dan selalu berkontribusi sebagai penyemangat, untuk menuangkan ide dan praktik baik disekolah. Peserta didik yang selalu siap diberikan perubahan baik dan sebagai tujuan dan sasaran utama dalam menjalankan nilai dan peran guru penggerak serta komunitas CGP dan Komunitas MGMP yang selalu mensuport saya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar