Selamat Datang Kawan !!!!!! Inspirasi Tanpa Batas : CGP ANGKATAN 4 (1.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Diskusi Mandiri)

Jumat, 05 November 2021

CGP ANGKATAN 4 (1.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Diskusi Mandiri)

Menurut Anda, Apa hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari?

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah tujuan dari konsep merdeka belajar yang digadang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Salah satu upaya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila tersebut adalah dilaksanakan Program Pendidikan Guru Penggerak selama kurang lebih sembilan bulan.

Guru penggerak diharapkan ada dalam jiwa-jiwa setiap pendidik di Indonesia. Guru penggerak adalah agen perubahan. Program guru penggerak yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dianggap dapat menjadi solusi dan berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Untuk itu seorang Guru Penggerak harus memahami dan menjiwai nilai-nilai dari seorang Guru Penggerak yaitu Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta berpihak pada murid. Dengan kelima nilai tersebut Guru Penggerak mampu memahami dirinya sendiri, mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya dengan benar-benar mampu memahami dan menyadari akan itegritas diri yang dimilikinya. Disamping itu Guru Penggerak harus peka dan tahu apa yang sudah di lakukan dengan senantiasa merefleksikan dengan apa yang seharusnya dan berupaya menyempurnakan dengan meperbaiki masalah yang mungkin ada dalam setiap tindakan dan keputusannya. Untuk tergerak, bergerak dan menggerakkan tentunya Guru Penggerak tidak mungkin cukup dengan kemampuan yang di milikinya, tentunya harus pandai berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mencapai apa yang diharapkan dalam menjalankan perannya sebagai agen perubahan pendidikan, yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjalankan coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Guru Penggerak tentunya juga mampu berinovasi untuk membuat solusi atau hal baru untuk memudahkan dan memuluskan jalan untuk mencapai tujuan mulia mereka yaitu menjadikan merdeka belajar bagi peserta didik dan mengedepankan keberpihakan pada murid sehingga Profil Pelajar Pancasila bisa terwujud. Jadi hubungan guru penggerak dengan terwujudnya profil pelajar pancasila sangat erat karena Guru Penggerak di harapkan tidak hanya tergerak, tetapi juga bergerak dan yang lebih luas lagi menggerakkan semua komponen yang memiliki peran dalam mewujudkan tujuan pendidikan.

Jika ada rekan Guru ataupun Kepala Sekolah yang kurang mendukung Anda dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak, Apa yang bisa Anda lakukan? Gunakan pengetahuan Anda terkait nilai dan peran seorang Guru Penggerak!

Sudah biasa jika semua hal baru tidak langsung bisa di terima, apalagi hal baru tersebut belum benar-benar di pahami konsep dan tujuannya. Jika dalam menjalankan program guru penggerak ini kurang mendapatkan dukungan dari berbagai pihak semisal rekan  guru atau kepala sekolah. Yang saya lakukan adalah membangun komunikasi yang baik, memberikan pemahaman konsep dan tujuan dari Guru Penggerak dan apa yang menjadi harapan dari inisiasi Kemdikbud Riset dan Teknologi di program kan Pendidikan Guru Penggerak. Tidak hanya sekedar menjelaskan akan tetapi menunjukkan dan merefleksikan kedalam tindakan nyata hal-hal positif apa saja yang akan dihadirkan guru penggerak untuk melakukan transformasi pendidikan melalui merdekan belajar dengan tujuan mewujudkan profil pelajar pancasila.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar